Simbol perkalian (x) dan pembagian (:)

Sejarah

Simbol untuk perkalian (x) dan pembagian (:) berkembang kemudian, setelah simbol + dan -. Simbol x untuk perkalian diperkenalkan oleh matematikawan Inggris, William Oughtred pada tahun 1631 yang termaktub dalam buku karyanya, Clavis mathematicae (“kunci menuju metematika”). Simbol itu dipakai untuk menandai “perkalian silang.”

Ternyata tidak mudah artitamtikawan menerima simbol itu karena simbol itu tidak muncul dalam buku-buku teks umum aritmatika sampai pertengahan abad 19. Para aljabaris juga menolah menggunakan simbol itu karena mirip dengan [peubah] x yang digunakan. Mereka lebih suka menggunakan simbol . (titik/dot) untuk menandai operasi perkalian yang diperkenalkan oleh matematikawan sekaligus astronomer Inggris, Thomas Harriot dalam terrangkum dalam karyanya, Artis analyticae proxis, yang terbit pada kisaran tahun 1631 pula.

Adriaan Vlacq, pembuat tabel logaritma kerkewarganegaraan Belanda, juga mendukung penggunaan simbol titik lewat buku, Aritmetica logarithmica yang terbit pada tahun 1628, meskipun tidak menyebutkan simbol itu sebagai simbol operasi. Titik sebagai simbol perkalian mulai dipakai dalam perkalian aljabar yang dirintis oleh Leibniz (1686). Evolusi, akhirnya, mau menggunakan x sebagai simbol perkalian.

Penulisan pembagian untuk dua bilangan adalah menempatkan pembilang di atas penyebut seperti di bawah ini.

9
5

Tanpa menuliskan simbol pembagian ditengahnya sudah ada dalam buku Bamberger Richenbuch (1483). Garis pembatas untuk menyatakan pembagian kemudian dipakai sehingga penulisan menjadi:
9
5

Simbol : muncul dalam edisi cetak, untuk pertama kali dalam buku Tentsche Algebra (1659) karya Johann Heinrich Rahn yang kemudian menyeberang ke Inggris karena buku itu diterjemahkan pada tahun 1668. Simbol : lama dipakai di benua Eropa dan Skandinavia sebagai simbol pembagian sebelum diterima secara universal.



sumber : http://www.mate-mati-kaku.com/asalAsalan/Simbolperkaliandanpembagian.html


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Photobucket

Popular Posts