2011-06-06

Bilangan Biner

Bagi yang mengenal komputer tidak asing dengan istilah biner, bit, dan byte. Bilangan berbasis dua (biner) diperkenalkan pertama kali oleh Leibnitz (1646 – 1716) dalam buku De Progressione Dyadica (1679), namun apakah itu ide asli dari Leibnitz?. BUKAN.
Kisah
Matteo Ricci mempelopori misononaris Jesuit di Cina, sebelum dilanjutkan oleh Adam Schall dan Ferdinand Verbiest. Kehadiran Jesuit – semua dari Eropa - ini lebih banyak terkait dengan bidang astronomi. Pada kesempatan ini seorang Jesuit, Pere Joachim Bouvet, berkirim surat dengan Leibnitz. Lewat surat ini Leibnitz memahami I-Ching (buku perubahan) dalam bentuk heksagram dimana kemudian dikaitkan dengan biner.
I Ching memang sejenis buku “wajib” di Cina. Isinya adalah sejenis ramalan yang tentunya tidak dipercaya orang Barat hanya dilirik sebagai buku yang sekedar berisi: garis lurus (Yang) dan garis patah dua (Yin) yang disusun mendatar. Rupanya, karena sulit mengartikan dan tidak tahu maknanya, Leibnitz menyusun menjadi bilangan biner yang hanya mengenal angka 0 dan angka 1.
Matriks
Awalnya matriks sudah dikenal di Cina namun apa yang terjadi justru disentuh oleh Leibnitz dan dirumuskan oleh Cauchy.



sumber : http://www.mate-mati-kaku.com/asalAsalan/bilanganBiner.html 



.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar