Istilah-Isilah dalam Matematika

Geometri yang berarti mengukur tanah dan orang yang malukan pekerjaan itu disebut dengan geometer. Kalkulus awalnya dalah nama yang diberikan kepada batu-batu kerikil yang biasa digunakan sebagai alat bantu dalam menghitung. Bagaimana dengan isilah matematika yang sekarang dipakai sebagai istilah sehari-hari.

Kisah
Pythagoras percaya bahwa jiwa orang yang sudah meninggal akan pindah ke raga-raga lainnya (reinkarnasi) bahkan mungkin pula jiwa ini pindah ke binatang.
Murid-murid Pythagoras dibagi menjadi dua kelompok, Kelompok pertama disebut kelompok internal yang disebut dengan mathematikoi (asal kata matematika), dimana mereka diajar secara pribadi tentang kebenaran hakiki oleh guru-guru yang ditunjuk; kelompok kedua atau kelompok eksternal disebut akousmatikoi (artinya “mereka yang mendengar”), dimana mereka hanya diajari dengan tata-cara atau peraturan-peraturan saja. Kelompok pertama adalah hasil dari kelompok kedua yang telah melalui tahap inisiasi.
Anggota kedua kelompok ini, kemudian disebut dengan Pythagorean atau pengikut-pengikut Pythagoras, sangat rahasia dan disumpah untuk tidak mengungkapkan atau membocorkan ide-ide mereka. (lebih rinci baca riwayat Pythagoras).



sumber : http://www.mate-mati-kaku.com/asalAsalan/Istilah-Isilah_dalam_Matematika.html


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Photobucket

Popular Posts